kuliah di STAN sebagai alternatif investasi masa depan

STAN mungkin masih asing di telinga sebagian orang di bandingkan dengan sekolah tinggi kedinasan lain seperti STPDN,STIS,STSN. Wajar saja, karena STAN sendiri tidak setenar dan seheboh sekolah tinggi kedinasan lain. STAN adalah Sekolah Tinggi Akuntansi Negara yang merupakan sekolah tinggi yang mencetak tenaga kerja siap pakai yang akan ditempatkan untuk bekerja pada instansi-instansi di departemen keuangan di seluruh indonesia. sejarah STAN sendiri cukup panjang dan telah beberapa kali berubah nama ( lebih jelasnya lihat di http://www.stan.ac.id ), namun hal itu tidak membuat jati diri STAN berubah. Banyak komentar yang dilayangkan para alumnus STAN ketika menghadiri acara reuni akbar 10 november 2007 kemarin, mereka mengatakan STAN sejak masih bernama IIK ( Institut Ilmu Keuangan ) sampai sekarang tidak banyak berubah.yang perlu dicermati adalah fenomena peminat STAN yang dari tahun ke tahun senantiasa bertambah jumlahnya. Dari data pendaftar tahun 2006 menunjukkan bahwa pendaftar STAN seluruh Indonesia berjumlah +/- 119.000. Sebuah angka yang cukup besar untuk ukuran sekolah tinggi kedinasan. Bahkan sampai dicatat dalam MURI pada tahun 2006 sebagai sekolah tinggi kedinasan dengan peminat dan pendaftar terbanyak. Hal ini terulang kembali pada tahun 2007 dengan rekor yang sama namun jumlah yang meningkat yaitu mencapai +/- 120.000 pendaftar, bagaimana dengan tahun selanjutnya???. Namun yang patut dicermati adalahbangku kuliah yang disediakan sangat sedikit bila dibandingkan dengan jumlah pendaftar dan setiap tahun tidak selalu sama tergantung permintaan dari departemen keuangan.Hal ini membuat persaingan dari tahun ke tahun semakin ketat saja.Ada sesuatu yang unik dari STAN, dari tahun ke tahun STAN tidak lagi didominasi oleh peminat yang berasal dari ekonomi menengah ke bawah, tetapi kalangan menengah ke atas juga mulai melirik STAN sebagai alternatif kuliah yang menjanjikan masa depan yang cerah ( dijamin kerja : red ). Ketika tiba waktu pendaftaran, STAN yang terletak di Jl. Bintaro sektor V Tangerang akan dipenuhi deretan mobil. Hal ini dapat dimaklumi, karena banyak kelebihan yang dimiliki STAN yang tidak dimiliki kampus lain. Inilah kelebihan STAN ( ini hanya pandangan penulis yang bersifat subjektif ) :

1. STAN tidak memungut biaya kuliah sepeser pun alias gratis;

2. STAN meminjamkan buku literatur bagi mahasiswanya;

3. Kuliah di STAN dapat menjadi PNS di departemen keuangan.

kita bahas satu per satu mulai dari point 1. Dari dulu kuliah di STAN itu memang gratis dan STAN tidak memungut biaya sepeser pun. bila dibandingkan dengan kuliah di tempat lain, STAN bisa dibilang kuliah murah namun kulaitas yang dihasilkan tidak murahan. STAN memang meminjamkan buku literaturnya secara cuma-cuma kepada mahasiswanya dan lagi-lagi hal ini dapat menguntungkan mahasiswa maupun orang tuanya di tengah harga buku literatur yang mahal. Jika dibandingkan dengan kuliah di tempat lain, STAN bisa dibilang menjanjikan pekerjaan ketika kelak lulus nanti walaupun ada sedikit perubahan regulasi tetapi hal itu tidak menjadikan masalah yang berarti. Itulah yang membuat STAN menjadi incaran dan alternatif kuliah untuk meraih masa depan yang cerah.

jika ada tulisan yang salah mohon maaf penulis masih belajar. Info yang lebih lengkap kunjungi saja www.depkeu.go.id

Published in: on 11 Januari 2008 at 09:28  Tinggalkan sebuah Komentar  

The URI to TrackBack this entry is: https://arruhul88.wordpress.com/2008/01/11/kuliah-di-stan-sebagai-alternatif-investasi-masa-depan/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: